Tanggap Bencana! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023/2024 Lakukan Pemetaan Risiko Bencana Desa Tedunan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang.

  • Aug 12, 2024
  • Ajeng Maharani Putri Ardiana
  • BERITA

Desa Tedunan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang (07/08/2024) – Desa Tedunan termasuk dalam derah rawan bencana tanah longsor dan gempa bumi karena terdapat di atas patahan gringsing yang menyebabkan terjadinya pergeseran tanah. Maka dari itu Desa Tedunan khususnya Dusun Tedunan memiliki tanah labil yang berpotensi terjadinya tanah longsor jika terjadi hujan lebat. Hal tersebut menjadi latar belakang dari adanya program kerja pembuatan peta kerawanan bencana tanah longsor di Desa Tedunan.

Pembuatan peta risiko bencana tanah longsor di Desa Tedunan merupakan program kerja monodisiplin Ajeng Maharani Putri Ardiana, mahasiswa program studi Oseanografi Universitas Diponegoro. Pembuatan peta risiko bencana yang meliputi tanah longsor dan gempa bumi bertujuan untuk memberi informasi kepada pemerintah desa dan masyarakat desa mengenai wilayah-wilayah mana saja yang termasuk dalam kategori rawan bencana dan aman bencana. Selain itu dengan adanya peta kerawanan bencana tanah longsor dan gempa bumi, masyarakat Desa Tedunan khusunya yang memiliki tempat tinggal di sekitar wilayah rawan bencana menjadi lebih meningkatkan pemahaman dan rasa kewaspadaan demi menghindari bencana yang berpotensi terjadi. Dengan adanya peta kerawanan tersebut, diharapkan pemerintah desa dapat lebih memperhatikan kembali wilayahnya dan memudahkan dalam membuat rencana penanggulangan untuk jangka waktu yang lebih panjang nantinya.

Proses pembuatan peta risiko bencana Desa Tedunan berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Tahap awal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data – data yang dibutuhkan dalam pembuatan peta tersebut meliputi data InaRISK dan Peta Rupa Bumi Indonesia. Data tersebut nantinya akan diolah menggunakan aplikasi ArcGIS. Selain itu dilakukan juga validasi dengan mengunjungi beberapa titik tempat yang pernah terjadi bencana longsor untuk memastikan wilayah tersebut memang sesuai dengan kerentanan yang dihasilkan atau tidak. Setelah seluruh tahap telah dilakukan, selanjutnya peta di-print out dan diserahkan kepada pihak Desa Tedunan untuk dijadikan data informasi mengenai kerawanan bencana Desa Tedunan

Penulis: Ajeng Maharani Putri Ardiana

Editor: Naisatur Rohmah S.Pd. I.